Friday, May 4, 2012

Trik Menentukan Desain Kantor Anda

Di jaman modern dimana kita dituntut untuk bekerja secara maksimal, kantor sudah merupakan rumah kedua bagi kita. Hal ini bisa dibayangkan ketika kita menghabiskan setengah dari waktu kita selama lima hingga enam hari di kantor. Dengan hanya membayangkannya saja sudah terlintas di pikiran kita betapa jenuh dan membosankannya kehidupan di kantor setiap harinya. Salah satu cara untuk menekan tingkat stres akibat kejenuhan dan kebosanan bekerja adalah dengan menerapkan desain kantor yang senyaman mungkin sehingga menciptakan atmosfir ruang kerja yang rileks namun tanpa mengesampingkan efesiensi.

Dengan mengaplikasikan desain rumah tinggal di ruangan perkantoran, akan membuat tempat kerja yang hidup dan pekerja bisa dengan antusias bekerja. Dengan mengaplikasikan desain rumah di kantor, anda bisa meminimalisir stres diantara karyawan serta mampu meningkatkan produktifitas perusahaan. Aturlah ruangan kerja karyawan sehingga tidak terkesan sumpek atau sempit. Berilah fasilitas yang bisa mendukung kenyamanan kerja para karyawan seperti, meja kursi yang layak dan nyaman sehingga bisa mencegah para karyawan dari pegal-pegal atau kaku otot setelah seharian bekerja menghadapi laporan-laporan, konputer, atau laptop. Sirkulasi udara yang cukup juga harus diperhatikan  jika ruangan kantor tidak memakai pendingin udara agar para pekerja selalu mendapatkan udara segar setiap saat. Sediakan pula air putih melalui dispenser agar kebutuhan air para pegawai tetap terpenuhi.

Untuk kebersihan dan ketersediaan air, anda bisa mempekerjakan seorang office boy/girl yang nantinya akan bertanggung jawab untuk masalah kebersihan dan ketersediaan air minum bagi pegawai. Kebersihan menjadi hal penting karena tempat kerja yang kotor atau jorok akan menyebabkan ketidaknyamanan diantara para pekerja. Yang paling penting ditanamkan adalah kebersihan bukan hanya semata-mata tugas office boy/girl, namun kebersihan adalah tugas bersama setiap orang yang bekerja di kantor tersebut. Dengan kesadaran seperti itu akn tercipta sebuah desain kantor yang nyaman dan bersih.

Hal terakhir yang bisa anda perhatikan untuk desain kantor nyaman anda adalah ornamen-ornamen kecil yang bisa mengingatkan kita pada rumah. Sebagian besar para pekerja pastinya akan menginginkan cepat-cepat pulang ke rumah untuk istirahat, dengan menambahkan ornamen-ornamen kecil seperti pot tanaman di setiap pojok ruangan, memajang lukisan atau gambar yang membuat kesan teduh jika melihatnya, penyediaan wastafel dan ruang cuci untuk karyawan yang mengantuk dan lelah, hingga membebaskan karyawan untuk menghias atau mengatur sendiri bilik kerjanya, anda akan bisa menciptakan suasana pengganti rumah yang dicari para karyawan.

Dengan mengaplikasikan desain rumah untuk desain kantor, anda telah turut serta dalam menjaga kesehatan, keamanan, dan semangat kerja karyawan anda. Selalu pilih kebijakan yang bisa menguntungkan perusahaan namun tanpa melupakan kesejahteraan karyawan.
___________________________________________
SAMITRA - Spesialis desain interior, kontraktor interior, design & build, custom furniture http://www.samitra.co.id/

No comments:

Post a Comment