Friday, May 4, 2012

Tips Menentukan Desain Rumah

Rumah adalah salah satu hal mendasar yang dibutuhkan manusia selain pakaian dan makanan. Selain sebagai tempat bernaung, rumah juga merupakan tempat kita melepaskan lelah, bertemu keluarga, atau berekreasi setelah seharian beraktifitas. Maka dari itu seringkali sebelum mendirikan atau membeli rumah, desain rumah adalah hal yang benar-benar harus diperhatikan demi kenyamanan penghuninya. Desain rumah tentunya berbeda dengan desain kantor yang lebih menonjolkan efesiensi. Namun tidak sedikit desain kantor yang mengadopsi kenyamanan khas rumah dalam rancangannya untuk membuat karyawan betah dan menekan stres.

Hal penting sebelum membuat desain rumah adalah memperhatikan kebutuhan anda dan orang-orang yang nantinya akan menghuni rumah tersebut. Dalam ilmu arsitektur hal ini dikenal dengan nama kebutuhan ruang. Arsitek manapun akan mengajukan pertanyaan seputar jumlah orang yang akan menghuni rumah, apa pekerjaan anda? Apa anda gemar membawa pekerjaan kantor ke rumah? Berapa jumlah kendaraan yang anda miliki dan jenisnya? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya perrancang bangunan atau arsitek manapun akan bisa menentukan kebutuhan ruang yang anda butuhkan. Hal-hal semacam luas lahan yang anda miliki serta biaya yang anda anggarkan untuk membeli rumah tersebut bisa disesuaikan dengan rancangan kebutuhan ruang anda. Ada beberapa cara yang bisa anda pilih dalam membangun rumah, diantaranya; membangun sendiri. Membangun sendiri dengan desain rumah yang kita tentukan sendiri adalah pilihan termurah untuk memuliki rumah impian. Namun jangan bayangkan mendesain rumah akan semudah yang kita bayangkan. Berbeda dengan gambar biasa, desain rumah adalah gambar yang harus benar-benar bisa kita bangun dengan segala perhitungan dan analisis-analisis lainnya. Mudahnya, arsitek saja membutuhkan sekolah bertahun-tahun hanya untuk bisa membuat desain rumah bisa benar-benar dibangun.

Proses perencanaan, menentuan bahan baku, hingga memperkirakan besar biaya untuk membuat rumah membutuhkan energi ekstra sehingga anda harus mempunyai waktu luang yang cukup banyak. Keuntungannya, anda bisa mendapatkan model rumah yang benar-benar sesuai selera anda. Anda bisa juga membeli rumah dari developer yang sudah menyediakan model rumah siap pakai, dengan bermacam bentuk dan fasilitas. Membeli rumah dari developer sangat disarankan bagi anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu luang untuk mengurus semuanya sendiri selain itu anda juga bisa membayarnya dengan mencicil. Namun, anda harus cukup berbesar hati dengan desain rumah yang ditawarkan, karena biasanya tipikal desain rumah di satu komplek perumahan bentuknya sama persis. Cara terakhir adalah dengan menyewa jasa arsitek atau kontraktor.

Cara ini paling mahal namun nantinya anda bisa mendapatkan desain rumah yang sesuai dengan model yang diinginkan  walaupun anda tidak mempunyai cukup waktu untuk mendesain sendiri. Pilih sendiri cara yang sesuai dengan kebutuhan anda, selamat membangun rumah.
_________________________________
Jika anda butuh jasa desain interior atau kontraktor interior segera kunjungi http://www.samitra.co.id/

No comments:

Post a Comment